Type something and hit enter

On
Pernahkah kamu mengalami kejadian konyol saat menyolokan stik / gamepad pada sebuah PC, namun setelah itu tiba-tiba auto bergeter dengan sendirinya? Dan getaran dari motor stik ini tidak akan berhenti sebelum kamu melepasnya dari USB.

Ohh iya lupa, tapi ada juga beberapa kasus yang ketika di diamkan, ternyata geteran dari gampad/joystik ini bisa berhenti dengan sendirinya.

Nah sekarang yang jadi pertanyaan, kenapa ini bisa terjadi?

Stik / Gamepad mengalami konslet

Cara Mengatasi Stik PS2 / PC auto Bergetar ketika di Colokan
Kemungkinan pertama, bisa jadi ada jalur/komponen yang konslet pada rangkaian gamepad. Hal ini SANGAT-SANGAT mungkin jika grounding di rumahmu kualitasnya jelek. Tanda-tanda grounding rumah jelek itu salah satunya yaitu ketika casing PC di sentuh ada sedikit setrum.

Cobalah untuk menyentuh casing PC kalian saat kondisi hidup, dan rasakan apakah ada arus setrum. Jika iya, maka bisa dipastikan ada arus yang bocor disana.

Kebocoran dari arus listrik ini tentunya akan mengalir juga ke komponen eksternal yang di tancapkan. Salah satunya ya gamepad yang kamu colokan tadi. Si gamepad akan kelebihan arus hingga menyebabkan komponen tidak bisa berjalan dengan semestinya.

Ciri2 gamepad kelebihan arus / konslet

Ini hanya berdasarkan pengalaman pribadi. Casing PC yang saya gunakan juga nyetrum jika di sentuh. Alhasil, beberapa perangkat USB yang saya colokan seperti gamepad, keyboard, dll mengalami error yang konyol.

Error konyol yang saya maksud disini misalnya seperti tombol button pada gamepad jadi acak-acakan, fungsi analog kanan/atas jadi terbalik, dan juga tombol qwerty pada keyboard jadi SAMA acak-acakan seperti button pada gamepad.

Sempat juga saya mengira bahwa tombol acak-acakan ini dikarenakan kerusakan pada gamepad KW yang saya beli dengan harga 29.000. Hingga akhirnya saya tanya kepada penjualnya, dan dia bilang sudah di test 100% normal.

Singkat cerita, saya mencoba colokan gamepad tersebut ke USB dari laptop. Dan ternyata.... Gamepad yang semula tombolnya acak-acakan, kini ternyata NORMAL!!!

Jawaban dari Yahoo Answer:
Mending kamu baca SOLUSI yang saya berikan di bagian kesimpulan ini:

Kesimpulan...

Jadi kesimpulannya adalah, tombol gamepad PC yang acak-acakan & terus bergetar ketika di colokan itu akibat arus listrik yang berlebihan dari PC. Hal ini ternyata sangat berpengaruh, apalagi jika gamepad yang kamu beli itu kualutasnya JELEK / KW.

  • dinamo stik ps2/pc auto getar
  • stik ps3 bergetar terus ketika dicolok ke USB
  • stik ps2 tidak bisa getar malahan :')

SOLUSInya yaitu dengan membeli gamepad dengan koneksi wireless saja, agar arus listrik tidak mengalir langsung ke PCB gamepad / joystik.

Oke itu saja, sekian dan terima kasih.

Click to comment